Tutorial HyperChem (Struktur 2-Metil-3-Pentena)

HyperChem Merupakan software luncuran HyperCube Inc. Software ini merupakan molecular modeling di mana memiliki tampilan 3D yang terbilang baik. HyperChem dapat digunakan untuk menggambar struktur kimia, optimasi geometri dengan berbagai model, study molecular dinamik dasar, study QSAR, dan lain-lain.

Untuk postingan kali ini akan saya praktikan menggambar struktur kimia dari 2-metil-3-pentena menggunakan software HyperChem 8. Caranya cukup mudah, silahkan mengikuti langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi Hyperchem, pada windows klik Start, All Program, Hyperchem Release 8.0, Hyperchem Professional (Ikon beaker warna hijau). Maka akan terbuka lembar kerja HyperChem seperti di bawah ini.

1

2. Untuk menambahkan unsur karbon double klik pada tombol draw, sehingga muncul tabel unsur.

2

3. Pilih tombol C dan klik pada area kerja. Untuk 2-metil-3-pentena buatlah 6 unsur C.

3

4. Untuk menggambar ikatan cukup drag kursor dari unsur satu ke unsur berikutnya.

4

5. Untuk membuat ikatan rangkap dengan cara klik pada ikatan yang sudah ada.

5

6. Berikutnya add hidrogen dari menu Build kemudian klik Add hidrogen untuk memunculkan atom H.

6

7. Lakukan optimasi geometri agar bentuk molekulnya menjadi benar secara kimia komputasi dengan standar hitungan dengan menggunakan salah satu metode, misalnya di sini saya gunakan metode Molecular Mechanic. Klik menu Setup pada menu bar. Klik Molecular Mechanic hingga tercentang terus klik Ok.

8. Selanjutnya kita lakukan optimasi geomteri terhadap bentuk molekul yang kita buat. Klik menu Compute, Klik Geometry Optimation… dan klik Ok saja begitu menu pop-up muncul. Selanjutnya tunggu hingga proses optimasi selesai yang ditandai dengan Converged = YES. (ini ada pada bagian status bar, terletak dibagian bawah layar kerja Hyperchem.

8d

9. Pada hyperChem kita bisa memilih model dtampilan yang kita inginkan. Kalau ingin menampilkan hasil dalam berbagai model, pada menu Display, Rendering, pilih metode rendering yang kita inginkan.

Berikut beberapa tampilan dalam Hyperchem

ball s

Balls and cylinders

stick

sticks

ball

Balls

tube

Tubes

10. Setelah selesai kita dapat menyimpannya pada menu bar klik file, save As, filih folder penyimpanan, dan beri nama, lalu tekan OK.

 

Demikian cara membuat 2-metil-3-pentena menggunakan HyperChem. Semoga bermanfaat dan ayo mencoba.

Tinggalkan Balasan