Video Praktikum Termokimia (Reaksi Eksoterm dan Endoterm)

Pelaksanaan praktikum dalam pembelajaran sangat penting. Menurut Wikipedia, kita belajar 10% dari apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakan, dan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan. Hal ini menunjukkan bahwa jika guru mengajar dengan banyak ceramah, maka peserta didik akan mengingat hanya 20% karena mereka hanya mendengarkan. Sebaliknya, jika guru meminta peserta didik untuk melakukan sesuatu dan melaporkan nya, maka mereka akan mengingat sebanyak 90%. Hal ini ada kaitannya dengan pendapat yang dikemukakan oleh seorang filsof Cina Confocius, bahwa: "apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham", dari sini dapat diketahui bahwa praktikum sangat penting untuk membantu pemahaman siswa.

Postingan kal ini berisi video praktikum untuk materi termokimia, mengidentifikasi reaksi eksoterm dan reaksi endoterm. Untuk LKPS (Lembar Kegiatan Praktikum Siswa) dapat dilihat disini.

Langsung saja untuk referensi pelaksanaan praktikum reaksi eksoterm dan reaksi endoterm dapat dilihat pada videdo di bawah ini. Enjoy watching.

 

One thought on “Video Praktikum Termokimia (Reaksi Eksoterm dan Endoterm)

  1. […] Video praktikum reaksi eksoterm dan endoterm dapat dilihat di sini. […]

Tinggalkan Balasan