Chemistry is Everywhere (Part I)

Kimia berasal dari bahasa Arab, al-kimiya yang berarti perubahan materi. Yup, kimia merupakan ilmu sains yang mempelajari tentang komposisi, struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga moleku, serta perubahan dan interaksi membentuk materi. Pada awalnya orang mempelajari ilmu kimia dengan alasan yang bisa dibilang cukup matrelialistik, mengubah semua benda menjadi emas. Hemm…

Siapa sangka, dari tujuan itu berkembanglah ilmu kimia mulai dari atom (waktu itu disebut sebagai sebagai partikel paling kecil yang tidak bisa dibagi lagi) sampai sekarang para ilmuwan sudah berhasil mengembangkan ilmu ini menjadi salah satu ilmu yang sangat berrguna bagi kehidupan manusia.

Salah satu dosen (red: Pak AT Widodo) waktu itu pernah mengatakan bahwa :"Kimia itu bukan hanya tentang mengubah satu zat menjadi zat lain, tetapi kimia itu mengubah apa yang tak kasat mata menjadi kasat logika." Yes, buat sebagian orang memang mengira bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang abstrak. Bayangkan,kita mempelajari sesuatu yang bahkan tidak bisa kita lihat. Bayangkan lagi, diameter atom sendiri hanya berkisar 10-15 sampai 10-14 m, perlu berapa kali perbesaran dengan mikroskop untuk melihat atom ? Belum lagi penyusun atomnya, elektron? proton? neutron? Tapi eitsss,, jangan dulu menilai kalau kimia susah sebelum mempelajarinya.

Mempelajari kimia berarti kita akan menemukan keajaiban kimia itu sendiri. Sadar atau tidak, kita hidup di lingkungan kimia, udara yang kita hirup, makanan yang kita konsumsi, air yang kita minum, peralaan sekolah, kosmetik, itu semua kimia. Yes, CHEMISTRY IS EVERYWHERE. 

Untuk postingan kali ini, Chemistudy kasih poster-poster mengenai kimia di kehidupan kita sehari-hari. 

CWguQngWEAAE2Jd CVimkbTWEAAOiVZ

CWSVrBkXAAEnFgA

CWXnWZ1WoAAVdoO

CUqVQZpWcAE5zxU

CSkPMu5WsAAetD-

CS_pPQGWwAAGpdX

CROOKYAXAAASDV2

CQ5HPicW8AERZiQ

Sumber gambar : @compoundchem

Postingan kali ini sukup poster-posternya dulu ya, untuk penjelasannya tunggu postingan selanjutanya. Ada yang ingin menambahkan apa lagi kimia yang ada disekitar kita?

Tinggalkan Balasan