Flare vs Gas Air Mata

Huwaaa.. udah lama banget nggak nulis di sini , adakah yang menantikan saya??  Ehh, maksudnya tulisan saya?? Jadi punya ide untuk nulis lagi di sini setelah semalam terjadi huru-hara #halahbahasanya… Ya, pokoknya semalam (24/6) diadakan pertandingan sepakbola antara Persija Jakarta melawan Sriwijaya FC Palembang dalam lanjutan turnamen TSC. Pertandingan semalam sempat ditunda di tengah pertandingan sebelum pada akhirnya…

Read More

Stop Menjadi Guru

Potret pendidikan Indonesia, ada yang membanggakan, memalukan, atau malah memilukan. Banyak kisah heroik dari para guru yang ditugaskan di pelosok Nusantara dan penuh dedikasi tinggi mengemban misi: mencerdaskan generasi masa depan bangsa. Namun, tidak sedikit pula guru yang hanya menjadikan guru sebagai mata pencaharian atau malah menjadi ‘hamba’ sertifikasi. Secara tidak sadar, itu sama saja…

Read More

Lima Problem Guru Cerdas dan Kreatif

Michael Jordan pernah mengatakan, “Pemain hebat tidak pernah memandang dirinya di kaca dan berfikir:  ‘Saya pemain hebat.’ Sebaliknya, dia akan bertanya kepada dirinya: ‘Benarkah saya pemain hebat?’.” Jordan sebagai sosok pahlawan bagi para penggemarnya, sosok pemimpin bagi seluruh rekan se-timnya di Chicago Bulls, dan sosok teladan di mata istri dan anak-anaknya.  Sangat beralasan, kenapa Jordan…

Read More

Indikator Asam Basa Dari Ekstrak Bunga Pukul Empat, Bunga Kana Dan Bunga Mawar

INDIKATOR ASAM BASA DARI EKSTRAK BUNGA PUKUL EMPAT, BUNGA KANA DAN BUNGA MAWAR   Isnaini Rahayu Pendidikan Kimia S1, Universitas Negeri Semarang isnainirahayu20@gmail.com   Abstrak Pengguanaan indikator dalam titrasi asam basa memegang peranan penting karena digunakan sebagai penentu titik akhir titrasi. Pada saat mencapai titik akhir titrasi, indikator akan menyebabkan perubahan warna. Selama ini penggunaan…

Read More

Kimia + Sastra = ….

Postingan kali ini seng-iseng aja sih, berhubung aku sendiri suka banget sama sastra jadi coba-coba deh menggabungkan antara sastra dengan kimia. Jadinya kayak apa yaa?? Kalau rada aneh maklumin aja yaa namanya juga amatir . Nah ini ada beberapa puisi dan corcul pakai bahasa kimia. Pertama, ini kayaknya efek belajar #KAI deh, iya KAI.. Kimia Analisis Instrumen, trending topik banget deh…

Read More

Daripada dibuat bom lebih baik….

Lagi, lagi dan kembali lagi Indonesia menjadi sasararan terror para teroris. Kemarin Kamis (14/1), Tepatnya di Jl. MH Thamrin Jakarta terjadi serangkaian ledakan yang dilanjutkan dengan baku tembak antara polisi dan terduga teroris. Jadi ingat, beberapa teman pernah bercanda, ‘wahh.. anak kimia, nanti jangan buat bom ya…’ Karena dibilang begitu, jadi ingin menulis tentang bom…

Read More

Ahh, Aku Jatuh Cinta (Zat Kimia Ketika Jatuh Cinta)

Aku benci harus terus-menerus memikirkanmu Mambayangkan kau bisa jadi milikku membuat ku muak Aku benci harus terlonjak bahagia saat namamu muncul di layar HPku dengan sebuah pesan Kadang hanya sebuah sapaan yang begitu singkat namun, entahlah kau berhasil membuatku seperti orang gila Tak mampu menanggalkan senyumku sedetikpun   Aiihhh, 'jatuh cinta berjuta rasanya' . Tahukah kalian…

Read More

Izinkan Aku Pak Guru

Sebuah cerita dari pengajar muda yang ditempatkan di Majene, Sulawesi Barat. Sumber artikel : https://indonesiamengajar.org/cerita-pm/agus-arifin/izinkan-aku-pak-guru   Izinkan Aku Pak Guru… oleh Agus Arifin, PM angkatan III Pagi ini, kulangkahkan kaki menyelusuri jalan perkampungan yang sedikit berlumpur karena semalam hujan turun cukup lebat. Sepatu cokelatku, kali ini warnanya jauh lebih tak beraturan karena dipenuhi oleh lumpur yang menempel di sana…

Read More

Indonesia Mengajar

Beberapa waktu lalu, saat sedang mencari buku di perpustakan Universitas Negeri Semarang, saya menemukan buku yang menarik sekali. Cover buku ini menggambarkan sekelompok anak-anak sekolah dasar dengan senyum yang ceria. Nih, yang belum pernah lihat bukunya.   Sinopsis buku yang akhirnya membuat saya makin tertarik untuk membacanya. Ini negeri besar dan akan lebih besar . Mengeluh dan…

Read More

Chemistry is Everywhere (Part I)

Kimia berasal dari bahasa Arab, al-kimiya yang berarti perubahan materi. Yup, kimia merupakan ilmu sains yang mempelajari tentang komposisi, struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga moleku, serta perubahan dan interaksi membentuk materi. Pada awalnya orang mempelajari ilmu kimia dengan alasan yang bisa dibilang cukup matrelialistik, mengubah semua benda menjadi emas. Hemm… Siapa sangka, dari tujuan itu berkembanglah ilmu…

Read More